KEHALALAN, Daging Potong Di Pasaran
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
DOKUMENTASI HASIL TANYA JAWAB DI GRUP MENURUT 4 MADZHAB (46)
PERTANYAAN :๐๐
1) Ukhty Syafiah Mawaddah
Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh๐๐
Izin mau numpang tanya Kawan kawan, ustadz/dzah sahabat grub "MIFAH"
Pertanyaan saya
Bagaimana pandangan dalam Islam tentang daging ayam yang di potong beda cara dan tanpa doa pada saat penyembelihan, ( ketidaktahuan sih pembeli ) dan terlanjur sudah di makan, apakah Itu Dosa, atau haram atau gimana❓❓❗
mohon pencerahannya Guru, minta maaf cerita nya kepanjangan,saya tidak tahu cerita saya bermanfaat atau tidak, sekiranya tidak bermanfaat akan saya hapus,tapi di sisi lain saya ingin tahu ๐๐
sesudah dan sebelum nya terima kasih banyak.
Sehat selalu, selalu dalam Rahmat Nya.
JAWABAN:
1) Ustadz Abdullah Sidiq I
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.
Daging tersebut tetap halal , karena :
1. Tidak tahu.
2. Berada di negeri mayoritas muslim.
Jika kita hidup dinegeri yang bukan mayoritas Islam, sembelihan tersebut berpeluang disembelih orang kafir.
Jika kita hidup di negeri yang mayoritas Islam, sembelihan tersebut berpeluang disembelih orang Muslim.
ูุฌุงุก ูู ุงูุงููุงุน ู
ู ูุชุจ ุงูุดุงูุนูุฉ ููุฎุทูุจ ุงูุดุฑุจููู: " ูู ุฃุฎุจุฑ ูุงุณู ุฃู ูุชุงุจู ุฃูู ุฐุจุญ ูุฐู ุงูุดุงุฉ ู
ุซูุง ุญู ุฃูููุง، ูุงูู ู
ู ุฃูู ุงูุฐุจุญ، ูุฅุฐุง ูุงู ูู ุงูุจูุฏ ู
ุฌูุณ ูู
ุณูู
ูู ูุฌูู ุฐุงุจุญ ุงูุญููุงู ูู ูู ู
ุณูู
ุฃู ู
ุฌูุณู؟ ูู
ูุญู ุฃููู ููุดู ูู ุงูุฐุจุญ ุงูู
ุจูุญ ูุงูุงุตู ุนุฏู
ู ูุนู
ุฅู ูุงู ุงูู
ุณูู
ูู ุฃุบูุจ ูู
ุง ูู ุจูุงุฏ ุงูุงุณูุงู
ูููุจุบู ุฃู ูุญู.
Dalam kitab al-Iqna' salah satu kitab mazhab Syafii karya Khathib asy-Syarbini, disebutkan, :
Apabila seorang fasik atau seorang Ahlul Kitab memberitahukan bahwa dia telah menyembelih kambing, maka daging kambing tersebut halal dimakan karena merupakan sembelihan Ahlul Kitab.
Jika di suatu negeri terdapat orang-orang Majusi dan orang-orang Muslim, dan tidak diketahui apakah yang menyembelih binatang adalah orang Muslim atau orang Majusi, maka daging binatang tersebut tidak halal dimakan karena masih diragukan, dan pada dasarnya penyembelihan tersebut tidak ada.
Namun meskipun demikian, apabila orang-orang Muslim adalah mayoritas, seperti di negeri Islam, maka daging tersebut halal.
(Fiqhus Sunah lll / 290 )
Pertanyaan bersambung๐ฅฌ๐❗
Izin membantu pertanyaan๐๐
๐Thy Amanda Sunarsih Arsi
Ustadz izin bertanya pernah ada yg sharring
Kalo daging ny dari pasar Cina
Contoh ny waktu di pasar SAMARINDA๐♂️ ada disitu pasar Cina ada banyak babi panggang utuh se'ekor.
Trus kita beli ayam potong di pasar itu
Kemungkinan yg motong cina non muslim ragu juga pas mau beli,mayoritas Indonesia kan muslim tapi saya amati di pasar itu banyak non muslim nya ๐๐
Arti nya Daging nya Bgmn ?!
Ini ustadz ?!
Saya dulu saking ragu nya sampai milih tidak makan daging atau beli di supermarket saja meskipun jauh sekali dari Ruko tinggal
Jawaban:๐ฅฌ๐๐
Ustadz Abdullah Sidiq I
๐Syafiah Mawaddah
Amanda Sunarsih Arsi
Kalau menggunakan acuan kitab Al iqna diatas disebutkan dengan lafadz
ุจูุงุฏ ุงูุงุณูุงู
(Negeri muslim)
Ini sudah mencukupi syarat untuk menduga halal.
Tetapi jika mengikuti acuan Alhafidz Ibnu hajar beliau menggunakan acuan
ุฃَุณَْูุงِู ุงْูู
ُุณِْูู
َِูู
(Pasar muslim )
Meskipun Negeri mayoritas Islam tapi kalau itu pasarnya orang kafir , maka belum mencukupi untuk menduga halal.๐๐
Jawaban:๐๐
2) Cik Gu Vitha Finalia
Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh ๐๐
Ketika tidak diketahui secara jelas, apakah daging ini penyembelihannya secara Islam atau tidak, maka dilihat dari mayoritas penduduknya di negara tersebut. Jika mayoritas penduduknya muslim maka hukumnya halal, jika sebaliknya maka hukumnya tidak boleh. Sebagaimana dijelaskan pada kitab Haasyiyatul Bujairimy.
ูุฅู ูุงู ูู ุงูุจูุฏ ู
ุฌูุณ ูู
ุณูู
ูู ูุฌูู ุฐุงุจุญ ุงูุญููุงู. ูู ูู ู
ุณูู
ุฃู ู
ุฌูุณู؟ ูู
ูุญู ุฃููู ููุดู ูู ุงูุฐุจุญ ุงูู
ุจูุญ ูุงูุฃุตู ุนุฏู
ู ูุนู
ุฅู ูุงู ุงูู
ุณูู
ูู ุฃุบูุจ ูู
ุง ูู ุจูุงุฏ ุงูุฅุณูุงู
ูููุจุบู ุฃู ูุญู ููู ู
ุนูู ุงูู
ุฌูุณู ูู ู
ู ูู
ุชุญู ุฐุจูุญุชู
“Apabila ia berada di daerah yang terdapat orang majusi (non muslim) dan orang muslim dan tidak ketahui penyembelih hewannya, apakah dia seorang muslim atau majusi (non muslim)? Maka tidak boleh memakannya karena adanya keraguan pada penyembelihan hewan yang halal, adapun dasar hukum asal itu “adamuhu (tidak ada) (artinya tidak disembelihnya). Tetapi apabila orang muslim itu menjadi mayoritas seperti di daerah mayoritas muslim maka hukumnya halal”. Makna Majusi di sini adalah orang-orang yang tidak halal dalam penyembelihannya (non muslim).
(Hasyiyatul Bujairomi jilid 4 hal 305)๐๐
Jawaban:
3) Teh Rina Leriyani I ๐ฅฌ๐ฅฌ
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
Untuk daging yang tidak diketahui status penyembelihaannya , maka kita lihat dulu apakah itu pasar mayoritas orang muslim ?
Setahu aku Malaysia itu mayoritasnya muslim ya?
Jika iya , maka kita harus berbaik sangka bahwa penyembelihannya sudah sah dan halal.
Hal ini pernah ditanyakan kepada Nabi , beliau tetap membolehkan makan , meskipun tidak tahu status sembelihannya.
Diriwayatkan dari Aisyah :
ุฃََّู َْููู
ًุง َูุงُููุง َِّูููุจِِّู ุตََّูู ุงَُّููู ุนََِْููู َูุณََّูู
َ ุฅَِّู َْููู
ًุง َูุฃْุชَُููุง ุจِุงَّููุญْู
ِ َูุง َูุฏْุฑِู ุฃَุฐُِูุฑَ ุงุณْู
ُ ุงَِّููู ุนََِْููู ุฃَู
ْ َูุง ََููุงَู ุณَู
ُّูุง ุนََِْููู ุฃَْูุชُู
ْ َُُُููููู َูุงَูุชْ ََููุงُููุง ุญَุฏِูุซِู ุนَْูุฏٍ ุจِุงُْْูููุฑِ
Bahwa suatu kaum pernah bertanya kepada Nabi ๏ทบ, "Suatu kaum datang dengan membawa daging, namun kami tidak tahu apakah saat menyembelihnya menyebut nama Allah atau tidak?"
Beliau menjawab, "Kalau begitu sebutlah nama Allah, lalu makanlah oleh kalian."
Aisyah berkata, " Padahal Mereka adalah orang-orang yang masih dekat masa kekufuran"
(HR Bukhari nomor 5507)
Alhafidz Ibnu hajar menjelaskan :
َُููุณْุชََูุงุฏُ ู
ُِْูู ุฃََّู َُّูู ู
َุง ُููุฌَุฏُ ِูู ุฃَุณَْูุงِู ุงْูู
ُุณِْูู
َِูู ู
َุญْู
ٌُูู ุนََูู ุงูุตِّุญَّุฉِ ، ََููุฐَุง ู
َุง ุฐَุจَุญَُู ุฃَุนْุฑَุงุจُ ุงْูู
ُุณِْูู
َِูู ، ِูุฃََّู ุงْูุบَุงِูุจَ ุฃََُّููู
ْ ุนَุฑَُููุง ุงูุชَّุณْู
َِูุฉَ ، ََููุฐَุง ุงْูุฃَุฎِูุฑُ ุฌَุฒَู
َ ุงุจُْู ุนَุจْุฏِ ุงْูุจَุฑِّ ََููุงَู : ِِููู ุฃََّู ู
َุง ุฐَุจَุญَُู ุงْูู
ُุณِْูู
ُ ُูุคَُْูู َُููุญْู
َُู ุนََูู ุฃََُّูู ุณَู
َّู ، ِูุฃََّู ุงْูู
ُุณِْูู
َ َูุง ُูุธَُّู ุจِِู ِูู ُِّูู ุดَْูุกٍ ุฅَِّูุง ุงْูุฎَْูุฑُ ุญَุชَّู َูุชَุจَََّูู ุฎَِูุงُู ุฐََِูู.
Dari hadits ini disimpulkan bahwa semua yang ditemukan di pasar-pasar kaum muslimin dianggap sah sembelihannya. Demikian pula hewan yang disembelih kaum muslimin yang tinggal di pedesaan, sebab umumnya mereka telah mengetahui mengucapkan bismillaah.
Poin terakhir ini ditandaskan pula oleh Ibnu Abdil Barr seraya berkata :
Dalam hadits ini terdapat keterangan bahwa apa yang disembelih oleh seorang muslim, maka boleh dimakan dan dianggap dia telah mengucapkan bismillaah, sebab tidak ada anggapan yang patut ditujukan kepada seorang muslim dalam segala keadaan, kecuali kebaikan sampai terbukti jelas ada hal yang menyalahinya.
(Fathul bari syarah shahih Bukhari IX / 552 - 553 )๐ฅฌ๐ฅฌ
@semoga bermanfaat๐