ZAKAT PERDAGANGAN 36B
0 minutes read
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
DOKUMENTASI HASIL TANYA JAWAB DI GRUP MENURUT 4 MADZHAB (36.b)
PERTANYAAN :
"Bagaimana jika harta hasil dagang sudah dipakai selain perdagangan?".
JAWABAN:💚🤍💙✍️✍️
Ustadz Abdullah sidiq 1
Amanda Sunarsih Arsi
👉 Iya ...
Jadi yang terkena zakat yang masih terlibat menjadi barang dagangan.
Kalau sudah diambil untuk bayar hutang , diambil untuk beli sepeda motor , diambil untuk memperbaiki toko, dan apapun Selain dagangan maka tidak terkena zakat Perdagangan.
Imam Nawawi berkata:
قَالَ الْمُصَنِّفُ رَحِمَهُ اللَّهُ تعالى ولا يصير العرض للتجارة الا بشرطين أحدهما ان يملكه بعقد فيه عوض كالبيع والاجارة والنكاح والخلع والثاني ان ينوى عند العقد انه تملكه للتجارة وأما إذا ملكه بارث أو وصية أو هبة من غير شرط الثواب فلا تصير للتجارة بالنية وإن ملكه بالبيع والاجارة ولم ينو عند العقد انه للتجارة لم يصر للتجارة وقال الكرابيسي من أصحابنا إذا ملك عرضا ثم نوى انه للتجارة صار للتجارة كما إذا كان عنده متاع للتجارة ثم نوى القنية صار للقنية بالنية والمذهب الاول لانه ما لم يكن للزكاة من أصله لم يصر للزكاة بمجرد النية.
Imam Syairazi berkata:
Suatu aset dikategorikan sebagai barang perniagaan bila memenuhi dua Syarat;
Pertama,
Aset tersebut dimiliki melalui akad yang mengharuskan adanya imbalan ('iwadh) seperti akad jual beli, ijarah, nikah, dan khulu'
Kedua,
Ketika akad berlangsung pihak yang memiliki berniat menjadikan asetnya sebagai perniagaan.
Aset yang dimiliki melalui proses pewarisan, wasiat, atau hibah yang tanpa mensyaratkan kompensasi, tidak serta merta menjadi barang niaga, meskipun dibarengi niat. Begitu halnya, aset yang dimiliki melalui proses jual beli dan ijarah namun tidak dibarengi niat untuk menjadikan sebagai barang niaga di saat akad, ia tidak menjadi barang dagangan.
Al Karabisi, salah satu Ashab kami, menyatakan: 'Orang yang memiliki aset kemudian meniatkannya sebagai barang perdagangan, ia menjadi barang niaga. Begitu pula , jika seseorang mempunyai aset untuk diperdagangkan kemudian dia meniatkannya sebagai barang hak milik, ia menjadi barang hak milik atas dasar niat tersebut.'
Pendapat madzhab mengacu pada pendapat pertama, karena sesuatu yang pada asalnya bukan harta zakat, tidak bisa menjadi barang zakat hanya dengan niat.
(Majmu' Syarah Muhadzdzab Vl / 48)
أن ينوي عند تملكه، أنه للتجارة، فإن لم ينو عند تملكه أنه للتجارة لم يصر للتجارة، وإن نواه بعد ذلك.
Selain barang dagangan itu benar-benar menjadi miliknya, barang tersebut harus diniatkan untuk diperdagangkan . Jika tidak demikian, barang tersebut bukan barang komersil, walaupun niat itu muncul setelah perniagaan dijalankan.
من ملك من عروض التجارة قدر نصاب، وحال عليه الحول قومه آخر الحول، وأخرج زكاته، وهو ربع عشر قيمته. وهكذا يفعل التاجر في تجارته كل حول، ولا ينعقد الحول حتى يكون القدر الذي يملكه نصابا.
Setiap orang yang memiliki barang perniagaan yang jumlahnya mencapai satu nisab dan telah berselang satu tahun, hendaklah menghitung harganya ketika akhir tahun dan mengeluarkan zakatnya sebanyak 1/40 dari harga tersebut. Itulah cara yang harus dilakukan para pedagang terhadap komoditasnya setiap tahun. Perniagaan tersebut tidak terhitung haul , apabila jumlah yang dimilikinya tidak sampai satu nishab.
(Fiqhussunah l /248)
PERTANYAAN :
Bersambung 💚💚💚
thy Amanda Arsi✍️✍️✍️
Abdullah Sidiq I
Alhamdulillah
Syukron atas pencerahan dan ilmu nya ustadz ,dan izin bertanya lagi Ustadz
Yg di maksud Telah mencapai 1 nishab itu berapa ya Ustadz ?!⁉️
Cik gu Vitha Finalia
Saya nyimax disini✍️
JAWABAN:💚💚💚✍️✍️✍️
Ustadz Abdullah sidiq I
✍️Amanda Sunarsih Arsi
👉Nishab zakat Perdagangan sama seperti nishab emas, 85 gram.
منها ثلاثة شروط متفق عليها وهي بلوغ النصاب، وحولان الحول، ونية التجارة، ومنها شروط زوائد في بعض المذاهب، وهي ما يأتي:
1ً - بلوغ النصاب: أن تبلغ قيمة أموال التجارة نصاباً من الذهب أو الفضة المضروبين.
Di antara syarat-syarat itu ada 3 syarat yang disepakati oleh Ulama 4 madzhab, yaitu :
1. Mencapai nishab,
2. Genap satu tahun,
3. Niat berdagang.
Di antara syarat-syarat itu ada syarat-syarat tambahan di beberapa madzhab, yaitu hal-hal berikut:
1. Mencapai nishab: Hendaklah nilai barang dagangan itu mencapai nishab emas dan perak yang telah dicetak.
(Alfiqhul lslam wa Adillatuhu ll / 787 )
APP
