Anak dapat Warisan, Bapak msh wajib menafkahi Tidak??
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
DOKUMENTASI HASIL TANYA JAWAB DI GRUP MENURUT 4 MADZHAB (20)
PERTANYAAN :
1)Ustadz Abdullah Sidiq I
Assalamualaikum
Anak belum baligh dpt warisan banyak dr ibunya , Apa bapaknya masih wajib menafkahi anak tsb dari harta si bapak ? ๐๐
JAWABAN:
1)Cik Gu Vitha Finalia
Waalaikumussalam warohmatullahi wabarokatuh...
kewajiban si ayah menjadi gugur / tidak diwajibkan lagi untuk memberi nafkah terhadap anak nya, dikarenakan sang anak sudah mempunyai harta untuk menghidupi dirinya sendiri ๐๐
Dijelaskan dalam kitab Hasyiyah al-Baijurri
ูุงูุบูู ุงูุตุบูุฑ ุงู ุงููููุฑ ุงููุจูุฑ ูุง ุชุฌุจ ูููุชู – ุฅูู ุฃู ูุงู - ููุฏ ุงุณุชููุฏ ู ู ุง ุชูุฏู ุงู ุงูููุฏ ุงููุงุฏุฑ ุนูู ุงููุณุจ ุงููุงุฆู ุจู ูุง ุชุฌุจ ูููุชู ุจู ูููู ุงููุณุจ ุจู ูุฏ ููุงู ุงูู ุฏุงุฎู ูู ุงูุบูู ุงูู ุฐููุฑ. ููุณุชุซูู ู ุง ูู ูุงู ู ุดุชุบูุง ุจุนูู ุดุฑุนู ููุฑุฌู ู ูู ุงููุฌุงุจุฉ ูุงููุณุจ ูู ูุนู ูุชุฌุจ ุญููุฆุฐ ููุง ูููู ุงููุณุจ
“Anak kecil yang kaya atau orang baligh yang fakir tidak wajib (bagi orang tua) menafkahi mereka. Dan dapat pahami bahwa anak yang mampu bekerja yang layak baginya tidak berhak lagi menerima nafkah, sebaliknya ia (justru) dituntut untuk bekerja. Bahkan, ada pendapat yang mengatakan bahwa anak yang mampu bekerja ini masuk kategori anak yang kaya. Dikecualikan ketika anak yang telah mampu bekerja ini sedang mencari ilmu syara’ dan diharapkan nantinya akan menghasilkan kemuliaan (dari ilmunya) sedangkan jika ia bekerja maka akan tercegah dari rutinitas mencari ilmu, maka dalam keadaan demikian ia tetap wajib untuk dinafkahi dan tidak diperkenankan untuk menuntutnya bekerja.”
( Hasyiyah al-Baijuri, juz 2, hal. 187)
JAWABAN
2)Thy Ella Ummu Elaummu FirazHaikal R
anak belum baligh atau sudah baligh yang memiliki harta.
Para ulama menegaskan, apabila anak memiliki harta yang cukup untuk menutupi seluruh kebutuhannya, maka ayahnya tidak wajib menanggung nafkahnya.
Dalam penjelasan tentang masalah nafkah anak, As-Shan’ani mengatakan,
ูุฅู ูุงูุช ููู ุฃู ูุงู ููุง ูุฌูุจ ุนูู ุงูุฃุจ
“Jika mereka memiliki harta, maka tidak ada kewajiban nafkah atas ayahnya.” (Subulus Salam, 2/325)
Demikian, Allahu a’lam
Jawaban:
3)Teh Rina Leriyani...
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
Seorang ayah wajib menafkahi anak laki2 nya sampai dia baligh , setelah baligh anak wajib mempertanggungjawabkan dirinya sendiri untuk mencari nafkah sendiri.
Sedangkan untuk anak perempuan , dia tidak memiliki kewajiban mencari nafkah , orangtua tidak wajib menafkahi lagi jika sudah ada yang menafkahi , yaitu setelah dinikahkan
๐Imam Syafii berkata:
ููููู ุนูู ููุฏู ุญุชู ูุจูุบูุง ุงูู ุญูุถ ูุงูุญูู ุซู ูุง ูููุฉ ููู ุนููู ุฅูุง ุฃู ูุชุทูุน ุฅูุง ุฃู ูููููุง ุฒู ูู ููููู ุนูููู ููุงุณุง ุนูู ุงููููุฉ ุนูููู ุฅุฐุง ูุงููุง ูุง ูุบููู ุฃููุณูู ูู ุงูุตุบุฑ ูุณูุงุก ูู ุฐูู ุงูุฐูุฑ ูุงูุฃูุซู ูุฅูู ุง ูููู ุนูููู ู ุง ูู ุชูู ููู ุฃู ูุงู ูุฅุฐุง ูุงูุช ููู ุฃู ูุงู ููููุชูู ูู ุฃู ูุงููู ูุงู ูุณูุงุก ูู ุฐูู ููุฏู ูููุฏ ููุฏู ูุฅู ุณูููุง ู ุง ูู ููู ููู ุฃุจ ุฏููู ููุฏุฑ ุนูู ุฃู ูููู ุนูููู
Seorang suami berkewajiban memberi nafkah kepada anak-anaknya hingga mereka baligh.
Setelah itu, tidak ada lagi kewajiban baginya untuk memberi nafkah kepada anak-anaknya kecuali bila ia memberikannya secara suka rela.
Tapi bila anak-anak itu menderita penyakit kronis atau cacat, maka si bapak tetap berkewajiban memberi nafkah meski anak itu telah baligh. Sama saja dalam hal itu antara anaknya dengan cucunya, meski nasabnya telah jauh ke bawah, selama mereka tidak memiliki bapak selain dirinya yang mampu memberi nafkah kepada anak-anak itu.
(Umm , nafaqat)
๐Adapun syarat orang tua wajib menafkahi anaknya bila
1- ุฃู ูููู ุงูุฃุตู ูุงุฏุฑุงً ุนูู ุงูุฅููุงู ุจูุณุงุฑ ุฃู ูุฏุฑุฉ ุนูู ุงููุณุจ: ูุฅุฐุง ูุงู ุงูุฃุตู ุบููุงً ุฃู ูุงุฏุฑุงً ุนูู ุงููุณุจ، ูุฌุจุช ุนููู ูููุฉ ุฃููุงุฏู
1. Orang Tua Tergolong Mampu untuk Memberi Nafkah atau Mampu Bekerja.
Jika orang tua kaya atau mampu bekerja maka wajib baginya untuk memberi nafkah kepada anaknya. Dan orangtua menafkahi anak dari hartanya.
---
ุฃู ุง ุฅู ูุงู ู ุนุณุฑุงً ุจุญูุซ ุชุฌุจ ูููุชู ุนูู ุบูุฑู ู ู ุงูุฃุตูู ุฃู ุงููุฑูุน، ููุงู ุนุงุฌุฒุงً ุนู ุงููุณุจ، ููุง ูููุฉ ุนููู
Adapun jika keadaan ekonomi orang tua sedang susah dan tidak mampu untuk bekerja, ia sendiri dinafkahi oleh orang lain maka ia tidak berkewajiban memberi nafkah pada anak
---
2 ً - ุฃู ูููู ุงูููุฏ ูููุฑุงً ู ุนุณุฑุงً ูุง ู ุงู ูู، ููุง ูุฏุฑุฉ ูู ุนูู ุงูุงูุชุณุงุจ: ูุฅุฐุง ูุงู ูู ู ุงู ููููู، ูุฌุจุช ูููุชู ููู ูุง ุนูู ุบูุฑู
2.Anak-Anak dalam Keadaan Miskin tidak Punya Harta dan tidak Mampu untuk Bekerja.
Jika anak mempunyai harta yang dapat mencukupinya , maka nafkahnya diambilkan dari hartanya sendiri, bukan menjadi beban orang lain.
ูุฅู ุงูููุฏ ุงูู ูุณุฑ ุจู ุงู ุฃู ูุณุจ ูุณุชุบูู ุจู، ูุง ูููุฉ ูู؛
Sesungguhnya anak yang sudah kaya baik karena punya harta atau mampu bekerja maka tidak wajib memberinya nafkah.
(Al Fiqhul Islam wa Adillatuhu VII / 827 )
Sehingga untuk kasus ini,seorang ayah tidak ada kewajiban memberi nafkah kepada anaknya,karena anak sudah memiliki harta yang cukup untuk memenuhi kebutuhannya sehari hari๐
Wallahu alam bishowab,semoga bermanfaat๐น