Tafsir ALLAH TURUN DI SEPERTIGA MALAM
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
DOKUMENTASI HASIL TANYA JAWAB DI GRUP MENURUT 4 MADZHAB (6)
PERTANYAAN :
Assalamu'alaikum ..
Sahabat MIFAH/Ustadz/ah..
Izin mau tanya
Allah turun ke langit dunia mengabulkan doa di sepertiga malam, itu maksud ny bagai mana ya?!
Afwan, terimakasih"
JAWABAN :
1.Ustadz Muhammad wgn
Wa alaikumus Salaam....
Kasih sayangNYA,,,
Imam Ibnu Hajar menukil pernyataan al-Baidlawi, tokoh Ahlussunnah yang mengatakan :
ََููุงَู ุงْูุจَْูุถَุงُِّูู ََููู َّุง ุซَุจَุชَ ุจِุงََْูููุงุทِุนِ ุฃََُّูู ุณُุจْุญَุงَُูู ู َُูุฒٌَّู ุนَِู ุงْูุฌِุณْู َِّูุฉِ َูุงูุชَّุญَُّูุฒِ ุงู ْุชََูุนَ ุนََِْููู ุงُّููุฒُُูู ุนََูู ู َุนَْูู ุงِูุงْูุชَِูุงِู ู ِْู ู َْูุถِุนٍ ุฅَِูู ู َْูุถِุนٍ ุฃَุฎَْูุถَ ู ُِْูู َูุงْูู ُุฑَุงุฏُ ُููุฑُ ุฑَุญْู َุชِِู
“al-Baidlawi berkata: Tatkala sudah pasti dengan dalil-dalil yang tak terbantahkan (qath’i) bahwa Allah adalah Maha Suci dari sifat fisikal (jismiyah) dan sifat batasan (tahayyuz), maka tak mungkin kata turun bermakna pergerakan dari satu tempat ke tempat lain yang lebih rendah. Maka yang dimaksud adalah turunnya cahaya kasih sayang”. (Fath al-Bรขry, juz III, halaman 31)
Di bagian lain, Ibnu Hajar juga menukil pendapat tokoh Ahlussunnah lainnya yang berkata:
ุงُّููุฒُُูู ู ُุญَุงٌู ุนََูู ุงَِّููู ِูุฃََّู ุญََِูููุชَُู ุงْูุญَุฑََูุฉُ ู ِْู ุฌَِูุฉِ ุงْูุนُُِّูู ุฅَِูู ุงูุณُِّْูู ََููุฏْ ุฏََّูุชِ ุงْูุจَุฑَุงُِููู ุงَْููุงุทِุนَุฉُ ุนََูู ุชَْูุฒِِِููู ุนََูู ุฐََِูู َُْูููุชَุฃََّْูู ุฐََِูู ุจِุฃََّู ุงْูู ُุฑَุงุฏَ ُูุฒُُูู ู ََِูู ุงูุฑَّุญْู َุฉِ ََููุญُُْูู ุฃَْู ََُّูููุถُ ู َุนَ ุงุนْุชَِูุงุฏِ ุงูุชَّْูุฒِِูู
“Turun adalah mustahil bagi Allah sebab hakikatnya adalah pergerakan dari atas ke bawah. Dan, dalil-dalil yang tak terbantahkan (qath’i) telah menunjukkan atas kemahasucian Allah dari itu semua, maka takwillah hadits itu bahwa yang dimaksud adalah turunnya malaikat kasih sayang dan sejenisnya atau maknanya dipasrahkan pada Allah (tafwรฎdh) serta diyakini kesucian Allah dari hal yang tak layak (tanzรฎh).” (Fath al-Bรขry, juz XI, halaman 129).
Opsi kedua ini senada dengan pendapat Imam Malik yang diriwayatkan oleh adz-Dzahabi dengan sanadnya sebagai berikut:
ََููุงَู ุงุจُْู ุนَุฏٍِّู: ุญَุฏَّุซََูุง ู ُุญَู َّุฏُ ุจُู َูุงุฑَُْูู ุจِู ุญَุณَّุงٍู، ุญَุฏَّุซََูุง ุตَุงِูุญُ ุจُู ุฃَُّْููุจَ، ุญَุฏَّุซََูุง ุญَุจِْูุจُ ุจُู ุฃَุจِู ุญَุจِْูุจٍ، ุญَุฏَّุซَِูู ู َุงٌِูู، َูุงَู:
َูุชََูุฒَُّู ุฑَุจَُّูุง - ุชَุจَุงุฑََู َูุชَุนَุงَูู - ุฃَู ْุฑُُู، َูุฃَู َّุง َُูู، َูุฏَุงุฆِู ٌ ูุงَ َูุฒُُูู.
“Dari Ibnu ‘Adiyy, telah bercerita pada kami Harun bin Hassan, telah bercerita pada kami Shalih bin Ayyub, telah bercerita pada kami Habib bin Abi Habib, telah bercerita pada kami Malik bin Anas. Malik berkata: Telah turun urusan Tuhan kita, adapun Tuhan kita maka tetap tak berubah.” (Siyar A’lรขm an-Nubalรข’, juz VIII, halaman 105).
2.Rina leriyani
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
Para ulama berbeda beda pendapat dalam memaknai lafadz tersebut.
Tetapi menurut pendapat Imam baihaqiy , Pendapat paling selamat adalah beriman kepadanya tanpa mencari hakikat serta maksudnya.
Alhafidz Ibnu Hajar menjelaskan :
ูููู : ( ููุฒู ุฑุจูุง ุฅูู ุงูุณู ุงุก ุงูุฏููุง ) ุงุณุชุฏู ุจู ู ู ุฃุซุจุช ุงูุฌูุฉ ، ููุงู : ูู ุฌูุฉ ุงูุนูู ، ูุฃููุฑ ุฐูู ุงูุฌู ููุฑ ูุฃู ุงูููู ุจุฐูู ููุถู ุฅูู ุงูุชุญูุฒ ، ุชุนุงูู ุงููู ุนู ุฐูู . ููุฏ ุงุฎุชูู ูู ู ุนูู ุงููุฒูู ุนูู ุฃููุงู : ูู ููู ู ู ุญู ูู ุนูู ุธุงูุฑู ูุญูููุชู ، ููู ุงูู ุดุจูุฉ ، ุชุนุงูู ุงููู ุนู ููููู . ูู ููู ู ู ุฃููุฑ ุตุญุฉ ุงูุฃุญุงุฏูุซ ุงููุงุฑุฏุฉ ูู ุฐูู ุฌู ูุฉ ، ููู ุงูุฎูุงุฑุฌ ، ูุงูู ุนุชุฒูุฉ ، ููู ู ูุงุจุฑุฉ ، ูุงูุนุฌุจ ุฃููู ุฃูููุง ู ุง ูู ุงููุฑุขู ู ู ูุญู ุฐูู ، ูุฃููุฑูุง ู ุง ูู ุงูุญุฏูุซ ، ุฅู ุง ุฌููุง ، ูุฅู ุง ุนูุงุฏุง ، ูู ููู ู ู ุฃุฌุฑุงู ุนูู ู ุง ูุฑุฏ ู ุคู ูุง ุจู ุนูู ุทุฑูู ุงูุฅุฌู ุงู ู ูุฒูุง ุงููู ุชุนุงูู ุนู ุงูููููุฉ ูุงูุชุดุจูู ، ููู ุฌู ููุฑ ุงูุณูู ، ููููู ุงูุจูููู ูุบูุฑู ุนู ุงูุฃุฆู ุฉ ุงูุฃุฑุจุนุฉ ، ูุงูุณููุงููู ، ูุงูุญู ุงุฏูู ، ูุงูุฃูุฒุงุนู ، ูุงูููุซ ، ูุบูุฑูู ، ูู ููู ู ู ุฃููู ุนูู ูุฌู ูููู ، ู ุณุชุนู ู ูู ููุงู ุงูุนุฑุจ ، ูู ููู ู ู ุฃูุฑุท ูู ุงูุชุฃููู ، ุญุชู ูุงุฏ ุฃู ูุฎุฑุฌ ุฅูู ููุน ู ู ุงูุชุญุฑูู ، ูู ููู ู ู ูุตู ุจูู ู ุง ูููู ุชุฃูููู ูุฑูุจุง ู ุณุชุนู ูุง ูู ููุงู ุงูุนุฑุจ ، ูุจูู ู ุง ูููู ุจุนูุฏุง ู ูุฌูุฑุง ، ูุฃูู ูู ุจุนุถ ، ูููุถ ูู ุจุนุถ ، ููู ู ูููู ุนู ู ุงูู ، ูุฌุฒู ุจู ู ู ุงูู ุชุฃุฎุฑูู ุงุจู ุฏููู ุงูุนูุฏ ، ูุงู ุงูุจูููู : ูุฃุณูู ูุง ุงูุฅูู ุงู ุจูุง ููู ، ูุงูุณููุช ุนู ุงูู ุฑุงุฏ ุฅูุง ุฃู ูุฑุฏ ุฐูู ุนู ุงูุตุงุฏู ، ููุตุงุฑ ุฅููู . ู ู ุงูุฏููู ุนูู ุฐูู ุงุชูุงููู ุนูู ุฃู ุงูุชุฃููู ุงูู ุนูู ุบูุฑ ูุงุฌุจ ، ูุญููุฆุฐ ุงูุชูููุถ ุฃุณูู . ูุณูุฃุชู ู ุฒูุฏ ุจุณุท ูู ุฐูู ูู ูุชุงุจ ุงูุชูุญูุฏ ، ุฅู ุดุงุก ุงููู ุชุนุงูู . ููุงู ุงุจู ุงูุนุฑุจู : ุญูู ุนู ุงูู ุจุชุฏุนุฉ ุฑุฏ ูุฐู ุงูุฃุญุงุฏูุซ ، ูุนู ุงูุณูู ุฅู ุฑุงุฑูุง ، ูุนู ููู ุชุฃููููุง ، ูุจู ุฃููู . ูุฃู ุง ูููู : ููุฒู ููู ุฑุงุฌุน ุฅูู ุฃูุนุงูู ูุง ุฅูู ุฐุงุชู ، ุจู ุฐูู ุนุจุงุฑุฉ ุนู ู ููู ุงูุฐู ููุฒู ุจุฃู ุฑู ููููู ، ูุงููุฒูู ูู ุง ูููู ูู ุงูุฃุฌุณุงู ูููู ูู ุงูู ุนุงูู ، ูุฅู ุญู ูุชู ูู ุงูุญุฏูุซ ุนูู ุงูุญุณู ูุชูู ุตูุฉ ุงูู ูู ุงูู ุจุนูุซ ุจุฐูู ، ูุฅู ุญู ูุชู ุนูู ุงูู ุนููู ، ุจู ุนูู ุฃูู ูู ููุนู ุซู ูุนู ، ููุณู ู ุฐูู ูุฒููุง ุนู ู ุฑุชุจุฉ ุฅูู ู ุฑุชุจุฉ ، ููู ุนุฑุจูุฉ ุตุญูุญุฉ . ุงูุชูู . ูุงูุญุงุตู ุฃูู ุชุฃููู ุจูุฌููู : ุฅู ุง ุจุฃู ุงูู ุนูู ููุฒู ุฃู ุฑู ุฃู ุงูู ูู ุจุฃู ุฑู ، ูุฅู ุง ุจุฃูู ุงุณุชุนุงุฑุฉ ุจู ุนูู ุงูุชูุทู ุจุงูุฏุงุนูู ูุงูุฅุฌุงุจุฉ ููู ููุญูู . ููุฏ ุญูู ุฃุจู ุจูุฑ ุจู ููุฑู ุฃู ุจุนุถ ุงูู ุดุงูุฎ ุถุจุทู ุจุถู ุฃููู ุนูู ุญุฐู ุงูู ูุนูู ุฃู ููุฒู ู ููุง ، ูููููู ู ุง ุฑูุงู ุงููุณุงุฆู ู ู ุทุฑูู ุงูุฃุบุฑ ، ุนู ุฃุจู ูุฑูุฑุฉ ูุฃุจู ุณุนูุฏ ุจููุธ : ุฅู ุงููู ูู ูู ، ุญุชู ูู ุถู ุดุทุฑ ุงูููู ، ุซู ูุฃู ุฑ ู ูุงุฏูุง ูููู : ูู ู ู ุฏุงุน ููุณุชุฌุงุจ ูู . ุงูุญุฏูุซ . ููู ุญุฏูุซ ุนุซู ุงู ุจู ุฃุจู ุงูุนุงุต : ููุงุฏู ู ูุงุฏ : ูู ู ู ุฏุงุน ูุณุชุฌุงุจ ูู . ุงูุญุฏูุซ . ูุงู ุงููุฑุทุจู : ูุจูุฐุง ูุฑุชูุน ุงูุฅุดูุงู ، ููุง ูุนูุฑ ุนููู ู ุง ูู ุฑูุงูุฉ ุฑูุงุนุฉ ุงูุฌููู : ููุฒู ุงููู ุฅูู ุงูุณู ุงุก ุงูุฏููุง ، ููููู : ูุง ุฃุณุฃู ุนู ุนุจุงุฏู ุบูุฑู . ูุฃูู ููุณ ูู ุฐูู ู ุง ูุฏูุน ุงูุชุฃููู ุงูู ุฐููุฑ . ููุงู ุงูุจูุถุงูู : ููู ุง ุซุจุช ุจุงูููุงุทุน ุฃูู ุณุจุญุงูู ู ูุฒู ุนู ุงูุฌุณู ูุฉ ูุงูุชุญูุฒ ุงู ุชูุน ุนููู ุงููุฒูู ุนูู ู ุนูู ุงูุงูุชูุงู ู ู ู ูุถุน ุฅูู ู ูุถุน ุฃุฎูุถ ู ูู ، ูุงูู ุฑุงุฏ ููุฑ ุฑุญู ุชู ، ุฃู ููุชูู ู ู ู ูุชุถู ุตูุฉ ุงูุฌูุงู ุงูุชู ุชูุชุถู ุงูุบุถุจ ูุงูุงูุชูุงู ุฅูู ู ูุชุถู ุตูุฉ ุงูุฅูุฑุงู ุงูุชู ุชูุชุถู ุงูุฑุฃูุฉ ูุงูุฑุญู ุฉ .
_Sabda Nabi:
(Tuhan kita turun ke langit dunia).
Hal ini dijadikan dalil oleh mereka yang menetapkan adanya jihah (arah) bagi
Allah. Mereka mengatakan, bahwa arah tempat Allah berada , adalah di atas.
Namun pandangan ini diingkari oleh jumhur ulama, karena pendapat seperti itu berkonsekuensi menempatkan Allah pada ruang tertentu.
Setelah itu, para ulama berbeda pendapat mengenai makna turunnya Allah, Di antara mereka ada yang memahami
sebagaimana makna lahiriah dan hakikat kata turun.
Mereka inilah golongan Musyabbihah (menyerupakan sifat Allah dengan sifat makhluk), Maha Suci Allah dari perkataan mereka.
Sebagian lagi mengingkari keakuratan hadits-hadits yang disebutkan mengenai
hal itu, mereka inilah golongan Khawarij dan Mu'tazilah dimana sikap mereka ini termasuk keangkuhan.
Yang mengherankan, mereka menakwilkan lafazh-lafazh seperti itu dalam Al Qur'an dan mengingkarinya dalam hadits, baik karena kebodohan atau keangkuhan.
Ada pula yang memahami turunnya Allah sebagaimana adanya, mengimani dan menyucikan Allah dari kaifiyat (hakikat) dan tasybih (menyamakan dengan makhluk), mereka adalah jumhur ulama salaf.
Pendapat ini telah dinukil oleh Al Baihaqi dan selainnya dari Imam yang empat (Malik, Abu Hanifah, Syafi'i dan Ahmad bin Hambal), Sufyan bin Uyainah dan Sufyan Ats-Tsauri, Hammadain , Al Auza'i, Al Laits dan selain mereka.
Lalu ada pula yang menakwilkan turunnya Allah sesuai dengan makna yang dipakai dalam bahasa Arab, namun di antara mereka ada yang berlebihan dalam hal itu hingga masuk jenis tahrif (merubah makna).
Kemudian sebagian membedakan antara
penakwilan yang masih terpakai dalam bahasa Arab dengan penakwilan yang jauh dan tidak dikenal dalam bahasa Arab.
Oleh sebab itu, mereka menakwilkan sebagian lafazh dan menyerahkan
makna sebagiannya kepada Allah.
Pandangan terakhir ini diriwayatkan dari Malik, lalu diikuti oleh Ibnu Daqiq Al Id.
Imam Al Baihaqi berkata :
"Pendapat paling selamat adalah beriman kepadanya tanpa mencari hakikat serta maksudnya, kecuali Rasulullah telah menerangkannya, maka itulah yang dijadikan pegangan. Hal itu berdasarkan kesepakatan ulama yang tidak mewajibkan takwil tertentu, dan menyerahkan maknanya kepada
Allah adalah lebih selamat."
Keterangan lebih mendalam akan
dijelaskan dalam pembahasan tentang tauhid.
Ibnu Al Arabi berkata :
Telah dinukil bahwa ahli bid'ah menolak hadits-hadits yang berhubungan dengan turunnya Allah, dan golongan salaf memahami sebagaimana adanya. Lalu sebagian kaum menakwilkannya, dan inilah pendapat yang saya pegang. Adapun kata 'turun' kembali kepada perbuatan Allah dan bukan termasuk dzat-Nya. Bahkan, itu adalah ungkapan tentang malaikat- Nya yang turun membawa perintah dan larangan.
Kata 'turun' selain berlaku dalam materi, juga berlaku dalam maknawi.
- Apabila engkau memahami hadits dalam konteks materi, maka yang demikian itu merupakan sifat malaikat yang diutus membawa perintah dan larangan.
- Adapun jika engkau memahaminya dalam konteks maknawi, maka maknanya adalah sebelumnya ia tidak melakukan lalu melakukannya, maka yang demikian itu dinamakan 'turun' dari satu tingkatan ke tingkatan berikutnya.
Ini merupakan bahasa Arab yang
benar."
Ringkasnya, Ibnu Al Arabi telah menakwilkan kata "turunnya Allah" dengan dua sisi; bisa saja bermakna perintah- Nya turun atau malaikat turun dengan membawa perintah-Nya, dan bisa juga kata itu adalah isti'arah (penggunaan kalimat yang tidak dalam arti yang sebenarnya) untuk mengungkapkan sikap lembut terhadap orang-orang yang berdoa serta mengabulkan permohonan mereka.
Abu Bakar bin Faurak meriwayatkan dari sebagian syaikh bahwa kata yanzilu (turun) sebenarnya adalah yunzilu (diturunkan), yakni malaikat diturunkan.
Pendapat ini didukung oleh riwayat An-Nasa'i melalui jalur Al Aghar dari Abu Hurairah dan Abu Sa'id dengan lafazh :
(sesungguhnya Allah menangguhkan hingga berlalu separuh malam, kemudian
Dia memerintahkan penyeru untuk mengatakan, "Adakah yang berdoa maka akan dikabulkan permohonannya.)
Dalam hadits Utsman bin Abi Al Ash disebutkan :
(Penyeru menyerukan, "Adakah yang berdoa agar dikabulkan untuknya)
Imam Al Qurthubi berkata :
berdasarkan riwayat-riwayat ini, maka selesailah persoalan yang ada dan ia tidak dapat dipertentangkan dengan riwayat Rifa'ah Al Juhani :
(Allah turun ke langit dunia dan
berfirman, "Tidak ada yang bertanya tentang hamba-hamba-ku selain Aku.").
Sebab, dalam riwayat ini tidak ada yang menolak takwil di atas.
Al Baidhawi berkata :
Setelah jelas berdasarkan nash-nash
qath'i (pasti) bahwa Allah tidak sama dengan materi dan ruang, serta
tidak mungkin Dia 'turun' dalam arti berpindah dari satu tempat ke
tempat yang lebih rendah darinya, maka yang dimaksud dengan ''turunnya Allah" adalah turunnya cahaya rahmat-Nya, yakni berpindah dari sifat keagungan yang berkonsekuensi kemurkaan dan
kemarahan kepada sifat kemurahan yang berkonsekuensi kelembutan dan kasih sayang."
(Fathul bari Syarah shahih Bukhari lll /36 - 37)