Bolehkah Niat Puasa 1 kali Untuk Sebulan Ramadhan.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
DOKUMENTASI HASIL TANYA JAWAB DI GRUP MENURUT 4 MADZHAB (38)
PERTANYAAN :
1) Thy Amanda Arsi
Bismillahirrahmanirrahim..
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh
Santun malam sahabat "mifah"
Persiapan puasa boleh izin numpang tanya ya kawan kawan
Ustadz/zah 💚😊🙏
✍️✍️Bolehkah niat puasa 1x untuk langsung 1 bulan penuh............??!!
Minta pencerahan ny nggih sahabat semua
Izin lanjut nyimax bersama@semua @semua orang 😊🙏💚🤍
JAWABAN:👤
1) Ustadz Abdullah Sidiq I
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
Menurut mayoritas ulama , 1 hari puasa adalah harus dengan 1 niat. Tidak sah 1 niat untuk beberapa puasa.
Sedangkan Menurut Madzhab maliki 1 niat puasa cukup untuk puasa 1 bulan dengan syarat puasanya terus bersambung , tidak ada yang terputus. Apabila terputus maka wajib niat lagi.
Ketentuan Niat Puasa dalam Madzhab Maliki adalah sebagai berikut :
أما النية فهي شرط لصحة الصوم الراجح، كما تقدم، وهي قصد الصوم، وأما نية التقرب إلى الله تعالى فهي مندوبة، فلا يصح صوم فرضاً كان أو نفلاً؛ بدون النية. ويجب في النية تعيين المنوي بكونه نفلاً أو قضاءً أو نذراً مثلاً؛ فإن جزم بالصوم وشك بعد ذلك هل نوى التطوع أو النذر أو القضاء انعقد تطوعاً، وإن شك هل نوى النذرأو القضاء، فلا يجزئ عن واحد منهما وانعقد نفلاً، فيجب عليه إتمامه، ووقت النية من غروب الشمس إلى طلوع الفجر، فلو نوى الصوم في آخر جزء من الليل بحيث يطلع الفجر عقب النية صحت، والأولى أن تكون متقدمة على الجزء الأخير من الليل؛ لأنه أحوط، ولا يضر ما يحدث بعد النية من أكل أو شرب؛ أو جماع أو نوم، بخلاف الإغماء، والجنون إذا حصل أحدهما بعدها؛ فتبطل؛ ويجب تجديدها، وإن بقي وقتها بعد الإفاقة ولا تصح النية نهاراً في أي صوم، ولو كان تطوعاً، وتكفي النية الواحدة في كل صوم يجب تتابعه، كصيام رمضان، وصيام كفارته، وكفارة القتل أو الظهار ما دام لم ينقطع تتابعه، فإن انقطع التتابع بمرض أو سفر أو نحوهما، فلا بد من تبييت النية كل ليلة ولو استمر صائماً على المعتمد، فإذا انقطع السفر والمرض كفت نية للباقي من الشهر. وأما الصوم الذي لا يجب فيه التتابع، كقضاء رمضان وكفارة اليمين، فلا بد فيه من النية كل ليلة، ولا يكفيهنية واحدة في أوله، والنية الحكمية كافية، فلو تسحر، ولم يخطر بباله الصوم، وكان بحيث لو سئل لماذا تتسحر؟ أجاب بقوله: إنما تسحرت لأصوم، كفاه ذلك.
Adapun mengenai niat, termasuk salah satu syarat sah puasa menurut pendapat yang diunggulkan dalam Madzhab Maliki sebagaimana yang telah dijelaskan. Niat yang dimaksud adalah niat untuk berpuasa,adapun untuk niat mendekatkan diri kepada Allah hanyalah niat yang dianjurkan.
Maka dari itu, baik itu puasa wajib ataupun puasa sunnah, maka tidak sah tanpa berniat.
Di dalam berniat juga diwajibkan untuk menentukan puasa yang akan dilakukannya misalnya puasa sunnah, puasa qadha, puasa nadzar atau yang lainnya.
Apabila seseorang telah meniatkan puasa secara khusus, lalu setelah itu dia ragu apakah saat berniat itu dia berniat melakukan puasa sunnah, atau puasa nazar, atau puasa qadha, maka puasa tersebut dianggap puasa sunnah saja.
Sedangkan jika keraguannya hanya sekitar apakah dia berniat puasa nadzar atau puasa qadha, maka kedua-duanya sama-sama tidak sah, dan puasanya juga dianggap sebagai puasa sunnah saja lalu setelah itu dia juga masih tetap terbebani untuk melakukan puasa wajibnya.
Waktu untuk berniat puasa terbentang sejak terbenamnya matahari hingga fajar menyingsing. Apabila seseorang berniat di bagian akhir sekali, hingga baru saja sedetik dia selesai berniat lalu menyingsinglah fajar, maka niatnya masih dianggap sah.
Namun tentu sebaiknya niat berpuasa dilakukan lebih awal dari bagian akhir tersebut, karena dengan lebih awal berniat maka lebih aman dari ketergesa- gesaan, karena tidak pengaruh sama sekali adanya makan atau minum setelah puasa diniatkan, begitu pula dengan tidur atau melakukan hubungan intim.
Namun lain halnya jika terjadi hilang akal karena jatuh pingsan atau menjadi tidak waras setelah berniat, maka niat itu menjadi tidak sah dan harus diperbaharui lagi jika masih dalam waktunya.
Adapun jika niat puasa dilakukan pada siang hari, maka niat itu tidak sah untuk puasa apa pun, meskipun untuk puasa sunnah.
Niat berpuasa cukup dilakukan satu kali jika waktu berpuasanya dilakukan setiap hari seperti puasa Ramadhan atau puasa kafarah, kafarah pembunuhan atau dzihar selama puasanya terus berkesinambungannya.
Namun jika terputus, misalnya karena sakit atau bepergian atau semacamnya, maka niat berpuasa harus diinapkan pada setiap malamnya selama masih dalam kondisi seperti itu, namun jika sudah pulih sama sekali atau sudah tidak bepergian lagi, maka satu kali niat sudah cukup untuk puasa-puasa selanjutnya dari sisa puasa bulan tersebut.
Adapun untuk puasa yang tidak dilakukan setiap hari, seperti mengqadha puasa Ramadhan atau yang lainnya, maka diharuskan agar niat puasa itu dilakukan pada setiap malam, tidak cukup hanya diniatkan satu kali pada malam pertama saja.
Niat puasa juga cukup terwakilkan dengan niat secara hukum, yaitu dengan makan sahur, meskipun tidak terlintas sama sekali niat berpuasa di benaknya ketika makan sahur, karena tentu saja dapat dipastikan apabila seseorang sudah memakan sahur maka berarti berniat untuk berpuasa.
Dan apabila seseorang bertanya, untuk apa kamu makan pada jam seperti ini? tentu dia akan menjawab, aku sedang bersahur untuk melakukan puasa di esok hari. Itu sudah cukup sebagai niat puasa.
(Alfiqhu ala Madzahib Arbaah l /497)
JAWABAN:
2) Teh Rina Leriyani I
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
Menurut jumhur ulama tetap disyariatkan untuk niat berpuasa setiap harinya,karena puasa merupakan ibadah yang mandiri tidak berkelanjutan.
تعدد النية بتعدد الأيام: هذا شرط عند الجمهور، وليس بشرط عند المالكية ، فيشترط عند الجمهور النية لكل يوم من رمضان على حدة؛ لأن صوم كل يوم عبادة على حدة، غير متعلقة باليوم الآخر، بدليل أن ما يفسد أحدهما لا يفسد الآخر، فيشترط لكل يوم منه نية على حدة.
وقال المالكية: تجزئ نية واحدة لرمضان في أوله، فيجوز صوم جميع الشهر بنية واحدة، وكذلك في صيام متتابع مثل كفارة رمضان وكفارة قتل أو ظهار ما لم يقطعه بسفر أو مرض أو نحوهما، أو لم يكن على حالة يجوز له الفطر كحيض ونفاس وجنون، فيلزمه استئناف النية، أي تجديدها فلا تكفي النية الواحدة، وإن لم يجب استئناف الصوم، فالصوم السابق صحيح لا ينقطع تتابعه، ولكن تجدد النية،
Niat harus banyak sesuai banyaknya hari puasa. Ini syarat menurut jumhur bukan syarat menurut madzhab Maliki. Menurut jumhur disyaratkan niat untuk tiap hari bulan Ramadhan. Sebab, puasa tiap harinya terhitung sebagai ibadah yang mandiri, tidak terkait dengan puasa hari lainnya, dengan bukti bahwa perkara yang merusak puasa salah satu hari tidak merusak puasa hari lainnya. Karena itulah disyaratkan niat untuk tiap harinya.
Adapun menurut madzhab Maliki, cukup satu niat untuk bulan Ramadhan pada awal bulan. Jadi, boleh berpuasa sebulan penuh dengan satu niat saja. Demikian pula dalam puasa yang berturut-turut (berkelanjutan harinya) seperti kafarat Ramadhan, kafarat pembunuhan, atau zihar, asalkan puasa ini tidak diputus karena sedang melakukan perjalanan, sedang sakit, dan sejenisnya; atau tidak sedang berada dalam kondisi yang membolehkannya untuk tidak berpuasa (seperti haid, nifas, dan gila), maka dalam kondisi demikian dia harus memulai lagi niatnya.
Yakni, memperbarui niatnya, sehingga dalam situasi seperti ini tidak cukup satu niat saja. Tetapi jika tidak wajib baginya untuk memulai lagi puasa, maka puasanya yang sebelumnya masih sah, tidak terputus keberlanjutannya, tapi niatnya mesti diperbarui,
(Alfiqhul islam wa AdilatuhuAdilatuhu jus 2 halaman 624)