Setelah Terawih, Apakah Bisa Sholat Tahajut Dan Witir Lagi di Malam Hari. - MAJELIS AKHWAT BERCADAR

Setelah Terawih, Apakah Bisa Sholat Tahajut Dan Witir Lagi di Malam Hari.



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh 

DOKUMENTASI HASIL TANYA JAWAB DI GRUP MENURUT 4 MADZHAB (41)

๐Ÿ๐ŸPERTANYAAN:๐Ÿ๐Ÿ

1)Thy Amanda Arsi ✍️

✍️✍️Setelah tarawih dan witir , apakah nanti bisa Tahajud   , jika bisa,  apa witir lagi ?!!⁉️

Affwan ,izin lanjut nyimax

✍️JAWABAN:
1)Ustadz Abdullah Sidiq I 
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh 

Witir artinya adalah ganjil.
Apabila ada 2 pilihan antara shalat berjamaah dengan imam sampai selesai dengan sendirian , maka lebih utama yang dikerjakan berjamaah.

Apabila ada 2 pilihan antara witir di awal malam dan akhir malam , maka yang lebih utama adalah di akhir malam. 

Masalah: 
Apabila sudah berjamaah sampai selesai dengan imam sekalian witir apakah nanti bisa shalat tahajjud lagi dan witir ?

Untuk tahajudnya bisa dikerjakan,  sedangkan untuk witirnya ada 2 pilihan : 
1. Tidak perlu witir lagi , karena tidak ada 2 witir dalam 1 malam.
Ini adalah yang paling utama 

2. Witir 1 rakaat dulu dianggap sebagai pembatal witir sebelumnya , lalu tahajud , lalu witir lagi.
Ini boleh dilakukan.

๐Ÿ‘‰Abu Dzar berkata :

ูَู‚ُู„ْุชُ ูŠَุง ุฑَุณُูˆู„َ ุงู„ู„َّู‡ِ ู„َูˆْ ู†َูَّู„ْุชَู†َุง ุจَู‚ِูŠَّุฉَ ู„َูŠْู„َุชِู†َุง ู‡َุฐِู‡ِ ูَู‚َุงู„َ ุฅِู†َّู‡ُ ู…َู†ْ ู‚َุงู…َ ู…َุนَ ุงู„ْุฅِู…َุงู…ِ ุญَุชَّู‰ ูŠَู†ْุตَุฑِูَ ูَุฅِู†َّู‡ُ ูŠَุนْุฏِู„ُ ู‚ِูŠَุงู…َ ู„َูŠْู„َุฉٍ 

Aku berkata, "Wahai Rasulullah, bagaimana jika sisa malam ini kita manfaatkan untuk shalat sunah?" 
beliau bersabda, "Barang siapa shalat bersama imam hingga selesai, sesungguhnya hal itu telah menyamai salat satu malam penuh.
(HR Ibnu majah nomor 1327)

Rasulullah bersabda :

ุฃَูŠُّูƒُู…ْ ุฎَุงูَ ุฃَู†ْ ู„ุงَ ูŠَู‚ُูˆู…َ ู…ِู†ْ ุขุฎِุฑِ ุงู„ู„َّูŠْู„ِ ูَู„ْูŠُูˆุชِุฑْ ุซُู…َّ ู„ْูŠَุฑْู‚ُุฏْ ูˆَู…َู†ْ ูˆَุซِู‚َ ุจِู‚ِูŠَุงู…ٍ ู…ِู†َ ุงู„ู„َّูŠْู„ِ ูَู„ْูŠُูˆุชِุฑْ ู…ِู†ْ ุขุฎِุฑِู‡ِ ูَุฅِู†َّ ู‚ِุฑَุงุกَุฉَ ุขุฎِุฑِ ุงู„ู„َّูŠْู„ِ ู…َุญْุถُูˆุฑَุฉٌ ูˆَุฐَู„ِูƒَ ุฃَูْุถَู„ُ

Barangsiapa di antara kalian yang khawatir tidak bisa bangun di akhir malam, hendaklah ia witir dan baru kemudian tidur. 
Dan Barangsiapa yang yakin akan terbangun di akhir malam, hendaklah ia witir di akhir malam, karena bacaan di akhir malam dihadiri (oleh para Malaikat) dan hal itu adalah lebih utama.
(HR. Muslim nomor 755)

Aisyah berkata  :

ูƒَุงู†َ ูŠُุตَู„ِّูŠ ุซَู„َุงุซَ ุนَุดْุฑَุฉَ ุฑَูƒْุนَุฉً ูŠُุตَู„ِّูŠ ุซَู…َุงู†َ ุฑَูƒَุนَุงุชٍ ุซُู…َّ ูŠُูˆุชِุฑُ ุซُู…َّ ูŠُุตَู„ِّูŠ ุฑَูƒْุนَุชَูŠْู†ِ

Rasulullah melakukan salat 13 rakaat, beliau salat 8 rakaat kemudian witir.
Setelah itu beliau shalat 2 rakaat
(HR Muslim nomor 738)

Rasulullah bersabda:

ู„َุง ูˆِุชْุฑَุงู†ِ ูِูŠ ู„َูŠْู„َุฉٍ 
Tidak ada 2 witir dalam 1 malam
(HR Tirmidzi nomor 470)

Ibnu Umar berkata :

 ุฃَู…َّุง ุฃَู†َุง ูَู„َูˆْ ุฃَูˆْุชَุฑْุชُ ู‚َุจْู„َ ุฃَู†ْ ุฃَู†َุงู…َ ุซُู…َّ ุฃَุฑَุฏْุชُ ุฃَู†ْ ุฃُุตَู„ِّูŠَ ุจِุงู„ู„َّูŠْู„ِ ุดَูَุนْุชُ ุจِูˆَุงุญِุฏَุฉٍ ู…َุง ู…َุถَู‰ ู…ِู†ْ ูˆِุชْุฑِูŠ ุซُู…َّ ุตَู„َّูŠْุชُ ู…َุซْู†َู‰ ู…َุซْู†َู‰ ูَุฅِุฐَุง ู‚َุถَูŠْุชُ ุตَู„َุงุชِูŠ ุฃَูˆْุชَุฑْุชُ ุจِูˆَุงุญِุฏَุฉٍ ุฅِู†َّ ุฑَุณُูˆู„َ ุงู„ู„َّู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ุฃَู…َุฑَ ุฃَู†ْ ูŠُุฌْุนَู„َ ุขุฎِุฑَ ุตَู„َุงุฉِ ุงู„ู„َّูŠْู„ِ ุงู„ْูˆَุชْุฑُ

Adapun jika saya shalat Witir sebelum tidur, kemudian ingin salat malam, saya terlebih dahulu menggenapkan 1 rakaat witirku yang kukerjakan itu dengan 1 rakaat lagi. 
Lalu saya salat dua rakaat-dua rakaat. Jika telah menyelesaikannya, saya salat Witir 1 rakaat. Karena Rasulullah ๏ทบ memerintahkan shalat malam diakhiri witir."
(HR Ahmad nomor 5914)

Imam Nawawi berkata:
(ูَุฑْุนٌ)
ูِูŠ ู…َุฐَุงู‡ِุจِู‡ِู…ْ ูِูŠ ู†َู‚ْุถِ ุงู„ْูˆِุชْุฑِ: ู‚َุฏْ ุฐَูƒَุฑْุชُ ุฃَู†َّ ู…َุฐْู‡َุจَู†َุง ุงู„ْู…َุดْู‡ُูˆุฑَ ุฃَู†َّู‡ُ ุฅุฐَุง ุฃَูˆْุชَุฑَ ูِูŠ ุฃَูˆَّู„ِ ุงู„ู„َّูŠْู„ِ ุซُู…َّ ุชَู‡َุฌَّุฏَ ู„َุง ูŠُู†ْู‚َุถُ ูˆِุชْุฑُู‡ُ ุจَู„ْ ูŠُุตَู„ِّูŠ ู…َุง ุดَุงุกَ ุดَูْุนًุง ูˆَุญَูƒَุงู‡ُ ุงู„ْู‚َุงุถِูŠ ุนِูŠَุงุถٌ ุนَู†ْ ุฃَูƒْุซَุฑِ ุงู„ْุนُู„َู…َุงุกِ ูˆَุญَูƒَุงู‡ُ ุงุจْู†ُ ุงู„ْู…ُู†ْุฐِุฑِ ุนَู†ْ ุฃَุจِูŠ ุจَูƒْุฑٍ ุงู„ุตِّุฏِّูŠู‚ِ ูˆَุณَุนْุฏٍ ูˆَุนَู…َّุงุฑِ ุจْู†ِ ูŠَุงุณِุฑٍ ูˆَุงุจْู†ِ ุนَุจَّุงุณٍ ูˆَุนَุงุฆِุฐِ ุจْู†ِ ุนَู…ْุฑٍูˆ ูˆَุนَุงุฆِุดَุฉَ ูˆَุทَุงูˆُุณٍ ูˆุนู„ู‚ู…ุฉ ูˆุงู„ู†ุฎุนูŠ ูˆَุฃَุจِูŠ ู…ِุฌْู„َุฒٍ ูˆَุงู„ْุฃَูˆْุฒَุงุนِูŠِّ ูˆَู…َุงู„ِูƒٍ ูˆَุฃَุญْู…َุฏَ ูˆَุฃَุจِูŠ ุซَูˆْุฑٍ ุฑุถู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ู… ู‚ุงู„ุช ุทَุงุฆِูَุฉٌ ูŠَู†ْู‚ُุถُู‡ُ ูَูŠُุตَู„ِّูŠ ูِูŠ ุฃَูˆَّู„ِ ุชَู‡َุฌُّุฏِู‡ِ ุฑَูƒْุนَุฉً ุชَุดْูَุนُู‡ُ ุซُู…َّ ูŠَุชَู‡َุฌَّุฏُ ุซُู…َّ ูŠُูˆุชِุฑُ ูِูŠ ุขุฎِุฑِ ุตَู„َุงุชِู‡ِ ุญَูƒَุงู‡ُ ุงุจْู†ُ ุงู„ْู…ُู†ْุฐِุฑِ ุนَู†ْ ุนُุซْู…َุงู†َ ุจْู†ِ ุนَูَّุงู†َ ูˆَุนَู„ِูŠٍّ ูˆَุณَุนْุฏٍ ูˆَุงุจْู†ِ ู…َุณْุนُูˆุฏٍ ูˆَุงุจْู†ِ ุนُู…َุฑَ ูˆَุงุจْู†ِ ุนَุจَّุงุณٍ ูˆَุนَู…ْุฑِูˆ ุจْู†ِ ู…َูŠْู…ُูˆู†ٍ ูˆَุงุจْู†ِ ุณِูŠุฑِูŠู†َ ูˆุงุณุญู‚ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ู… ุฏู„ูŠู„ู†ุง ุงู„ุณَّุงุจِู‚ُ ุนَู†ْ ุทَู„ْู‚ِ ุจْู†ِ ุนَู„ِูŠٍّ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู†ْู‡ُ ู‚َุงู„َ ุณَู…ِุนْุชُ ุฑَุณُูˆู„َ ุงู„ู„َّู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ูŠَู‚ُูˆู„ُ " ู„َุง ูˆِุชْุฑَุงู†ِ ูِูŠ ู„َูŠْู„َุฉٍ " ูˆَู‚َุฏْ ุณَุจَู‚َ ุฃَู†َّ ุงู„ุชِّุฑْู…ِุฐِูŠَّ ู‚َุงู„َ ู‡ُูˆَ ุญَุฏِูŠุซٌ ุญَุณَู†ٌ ูˆَู„ِุฃَู†َّ ุงู„ْูˆِุชْุฑَ ุงู„ْุฃَูˆَّู„َ ู…َุถَู‰ ุนَู„َู‰ ุตِุญَّุชِู‡ِ ูู„ุง ูŠุชูˆุฌู‡ ุฅุจุทุงู„ู‡ ุจَุนْุฏَ ูَุฑَุงุบِู‡ِ

Cabang: madzhab ulama tentang membatalkan shalat witir. 
Telah kami sebutkan sebelumnya bahwa menurut pendapat yang masyhur dalam Madzhab kami, bila seseorang witir di awal malam kemudian bangun shalat tahajud, witirnya tidak batal, ia boleh shalat berapa rakaat pun dengan bilangan genap. 
Pendapat ini diriwayatkan Al Qadhi Iyadh dari mayoritas ulama , Ibnu Al Mundzir meriwayatkannya dari Abu Bakar Ash-Shiddiq, Sa'ad, Ammar bin Yasir, Ibnu Abbas, A'idz bin Amr, Aisyah, Thawus, Alqamah, An-Nakha'i, Abu Muljiz, Al Auza'i, Malik, Ahmad dan Abu Tsaur. 

Sekelompok lain berpendapat, yang bersangkutan membatalkan witir yang telah dikerjakan di awal malam kemudian shalat 1 rakaat untuk menggenapkan bilangan shalat witir tersebut di awal shalat tahajjud, setelah itu shalat Tahajud dan ditutup dengan witir di akhir shatatnya. 
Pendapat ini diriwayatkan Ibnu Al Mundzir dari Utsman bin Affan , Ali, Sa'ad, Ibnu Mas'ud, Ibnu Umar, Ibnu Abbas, Amr bin Maimun, Ibnu Sirin dan Ishaq'.

Dalil kami adalah hadits sebelumnya yang diriwayatkan dari Thalq bin Ali  ia berkata :  mendengar Rasulullah bersabda : Tidak ada 2 witir dalam satu malam.' 
telah dijelaskan sebelumnya bahwa At-Tirmidzi berkata:  "Hadits hasan'".
Alasan lain; witir yang pertama sudah dikerjakan secara sah , maka tidak ada alasan untuk membatalkannya setelah usai dikerjakan. 
(Majmu' Syarah Muhadzdzab IV / 25)

Pertanyaan bersambung:⁉️⁉️
✍️Akhy Kawula Alit 
Abdullah Sidiq I izin tanya tadz apakah witir di 1/3 malam praktek nya ttp seperti yg di lakukan saat selesai tarawih yakni 2 rokaat dulu kemudian di susul 1 rokaat atau bagaimana?? 

Jawaban:☘️
๐Ÿ‘‰Ustadz Abdullah sidiq I
Kawula Alit 
Yang paling afdhal dengan format 2 rokaat  - 1 rokaat.
Boleh juga 3 rokaat sekaligus  , hanya saja tatacara witir 3 rokaat sekaligus adalah tidak menggunakan tasyahud awal.

Aisyah berkata :

ูƒَุงู†َ ุฑَุณُูˆู„ُ ุงู„ู„َّู‡ِ  ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูŠُูˆุชِุฑُ ุจِุซَู„ุงَุซٍ ู„ุงَ ูŠَู‚ْุนُุฏُ ุฅِู„ุงَّ ูِู‰ ุขุฎِุฑِู‡ِู†َّ.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berwitir 3 raka’at sekaligus, beliau tidak duduk (tasyahud) kecuali pada raka’at terakhir.
 (HR. Baihaqiy nomor 4266 , Sunan Kubra)

Imam Nawawi berkata:

ูˆَุฅِุฐَุง ุฃَุฑَุงุฏَ ุงู„ْุฅِุชْูŠَุงู†َ ุจِุซَู„َุงุซِ ุฑَูƒَุนَุงุชٍ ูَูِูŠ ุงู„ْุฃَูْุถَู„ِ ุฃَูˆْุฌُู‡ٌ ุงู„ุตَّุญِูŠุญُ ุฃَู†َّ ุงู„ْุฃَูْุถَู„َ ุฃَู†ْ ูŠُุตَู„ِّูŠَู‡َุง ู…َูْุตُูˆู„َุฉً ุจِุณَู„َุงู…َูŠْู†ِ ู„ِูƒَุซْุฑَุฉِ ุงู„ْุฃَุญَุงุฏِูŠุซِ ุงู„ุตَّุญِูŠุญَุฉِ ูِูŠู‡ِ ูˆَู„ِูƒَุซْุฑَุฉِ ุงู„ْุนِุจَุงุฏَุงุชِ ูَุฅِู†َّู‡ُ ุชَุชَุฌَุฏَّุฏُ ุงู„ู†ِّูŠَّุฉُ ูˆَุฏُุนَุงุกُ ุงู„ุชَّูˆَุฌُّู‡ِ ูˆَุงู„ุฏُّุนَุงุกُ ูِูŠ ุขุฎِุฑِ ุงู„ุตَّู„َุงุฉِ ูˆَุงู„ุณَّู„َุงู…ُ ูˆَุบَูŠْุฑُ ุฐَู„ِูƒَ ูˆَุงู„ุซَّุงู†ِูŠ ุฅู†ْ ูˆَุตَู„َู‡َุง ุจِุชَุณْู„ِูŠู…َุฉٍ ูˆَุงุญِุฏَุฉٍ ุฃَูْุถَู„ُ ู‚َุงู„َู‡ُ ุงู„ุดَّูŠْุฎُ ุฃَุจُูˆ ุฒَูŠْุฏٍ ุงู„ْู…َุฑْูˆَุฒِูŠُّ ู„ِู„ْุฎُุฑُูˆุฌِ ู…ِู†ْ ุงู„ْุฎِู„َุงูِ ูَุฅِู†َّ ุฃَุจَุง ุญَู†ِูŠูَุฉَ ุฑَุญِู…َู‡ُ ุงู„ู„َّู‡ُ ู„َุง ูŠُุตَุญِّุญُ ุงู„ْู…َูْุตُูˆู„َุฉَ 

Apabila seseorang ingin shalat witir 3 rakaat, berkenaan dengan cara yang lebih utama ada beberapa pendapat. 
Pendapat pertama dan pendapat ini shahih ; 
lebih baik dilakukan dengan 2 kali salam karena banyaknya hadits shahih yang menyebut demikian. Alasan lain; karena banyaknya ibadah sehingga perlu pembaharuan niat, doa di akhir shalat, salam dan lainnya.

Pendapat kedua.
Lebih baik disambung dengan satu kali salam. Pendapat ini dikemukakan oleh Syaikh Abu Zaid AI Marwazi, untuk menghindari perbedaan pendapat, sebab Abu Hanifah tidak membenarkan pemisahan rakaat. 
(Majmu' Syarah Muhadzdzab lV / 12)


Wallahu a'lam.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url